Senin, 02 Desember 2013

ketika mentoring menjadi sebuah kebutuhan atas kecintaan

   seperti yang kita tau ketahui sekarang, mentoring sedang gencar-gencarnya di sosialisasikan. semakin banyak pula yang tergabung kedalamnya. tapi seiring dengan berkembangnya mentoring, ada pula tanda tanya yang muncul dalam benak kita; kenapa ada yang mundur dalam mentoring? selain itu juga kita akan menemui pertanyaan sejenis yang menanyakan; apasih mentoring itu? apasih gunanya mentoring?
   kaya yang udah di muat dalam tulisan sebelumnya, mentoring itu tempat yang paling spesial. kenapa? karna apa aja yang kita ingin ketahui ada di mentoring. ga cuma berbagi ilmu agama, tapi mentoring juga sedikit banyak membahas masalah kehidupan era globalisasi ini.
   di mentoring banyak yang kita dapetin. selain ilmu bermanfaat,kita juga bisa nambah wawasan, nambah temen, dan nambah pahala juga insyaAllah. karna di dalam mentoring kita berusaha menjalankan yang ada di surat Al Ashr. lalu juga sebagai jawaban pembelaan diri kita kalo di tanya sama Allah kaya di surat Al A'raf ayat164 dan yang kita dapetin itu salah satunya ada di surat Al Mujadalah ayat sebelas. insyaAllaah...
   nah, di kesempatan kali ini pengen berbagi tentang pengalaman selama di mentoring. okee.. pertama kali kenal sama mentoring itu pas kelas X. waktu itu kami beranggotakan 20an orang lebih, tapi lama-kelamaan manusianya berkurang. dan ternyata itu memang sudah sunnatullah. 
   waktu awal-awal mentoring, ga sempet mikir buat berhenti mentoring, di sini peran Allah berjasa banget. dan ngerasa bersyukur sekali ketika masih bisa mentoring sampai hari ini. karna banyak kasus yang ga bisa kita pungkiri, banyak juga teman sepantaran saya yang mungkin belum tersentuh hatinya untuk tetap setia di mentoring.
    bersyukurnya, sampai saat ini saya dan teman-teman yang lain masih dirangkul Allah untuk tetap bersatu dalam mentoring. semoga kasih sayang Allah ini dapat terus terjaga hingga nanti. aamiiin..
   beberapa waktu yang lalu sempat berbagi kisah sama teman yang sewaktu SMA ikut mentoring dan alhamdulillah masih berlanjut di dunia perkuliahan. saat mendengar cerita beliau, terbesit haru yang begitu mendalam. kemudian, sempat juga mendengar kabar dari teman-teman tentang kerinduan mereka akan mentoring itu sendiri.
    bagi yang belum merasakan jatuh cinta pada mentoring, pasti akan bertanya, "kenapa bisa begitu?".  ikutilah mentoring dengan keikhlasan dan kau akan merasakan kecintaan pada mentoring :D sebenarnya mentoring ga melulu duduk diem baca quran. tapi dalam mentoring kita bisa berbagi. kita bisa mencharge keimanan kita. juga bisa mengembalikan stamina kita. ketika 6 hari dalam seminggu kita disibukkan dengan berbagai hal yang kadang mebuat kita mengeluh, saat mentoring inilah kita dapat merefresh pikiran kita. belum lagi ketika kita bertemu dengan teman mentoring kita. pasti ada kebahagiaan tersendiri.
   untuk menumbuhkan rasa cinta kita terhadap mentoring memang susah-susah gampang. kita harus melawan godaan setan. banyak hal yang berusaha meliburkan kita dalam mentoring. untuk itulah, kita harus menciptakan prinsip tersendiri; mentoring itu bukan untuk mengisi waktu luang, tetapi kita yang harus meluangkan waktu untuk mentoring. 
    insyaAllah, ketika kita mulai rutin hadir mentoring, rasa butuh dan cinta kita akan muncul. tak peduli dimana kita akan mentoring, siapa yang mengisi mentoring, atau mungkin apa yang akan kita bahas di mentoring. semuanya seolah tak menjadi masalah. 
    bahkan, ketika mentoring telah menjadi kebutuhan, kita akan merasa rugi ketika tidak hadir mentoring. subhanallah sekali, bukan? :')
   pernah suatu ketika ada yang bertanya ke saya, "kenapa sih rajin banget ikut mentoring? ga capek apa?". hahahaha itu pertanyaan yang super. bingung mau di jawab seperti apa. kenapa? mereka belum ngerasain nikmatnya mentoring, sih.
   malahan kalo pas ditanya balik, "kenapa ga dateng mentoring?", jawabannya hampir sama. males, capek, lagi banyak tugas, atau malah yang lebih serem itu pernah dapet jawaban "buat apasih mentoring, ga guna. ngabisin waktu aja". luar binasaaa .___. 
    nyanyanyanyaa mentoring itu asik, loh. bisa ketawa, bisa senyum, bahkan kita bisa nangis juga di mentoring. cobain ajadeh kalo ga percaya. tapi jangan ngelapor kalo ketagihan mentoring, yaa :D huehuehuee
    teruuuus, pernah denger ga kalau mentoring itu tuh taman surga yang ada di dunia. kita duduk aja udah dapet pahala. bahkan,ikan di laut yang ga kenal kita aja ngedoain kita, para malaikat juga menaungi kita, dan yang subhanallahnya, Allah menyebut-nyebut nama kita di Arsy-Nya. 
   kemudian nih, saya sendiri sempet mikir. kalau udah ninggal, lalu pas di akhirat kita yang bareng-bareng mentoring di dunia di kumpulin sama Allah :') pasti itu sweet banget. terus saya juga sempet berimajinasi, indah kali ya kalo bisa ninggal pas lagi mentoring. semoga bisa semoga bisa, aamiiin ya Raab :')
    karna ini tulisan semakin ngelantur, mending dicukupin aja. semoga ada point yang bermanfaat di dalamnya. saya juga lagi ngingetin diri sendiri yang kadang suka khilaf --" afwan minkum, syukran jazakallaahu khairan katsiran :')






sepenggal sejarah mentoring yang ga bakal terlupakan dan semoga kembali bertemu di surganya kelak. aamiiin :')

0 tanggapan:

Posting Komentar