Kamis, 30 April 2015

tawadzun?

Tawadzun?
Tawadzun??
Tawadzun??!
Iya, tawadzun.......
Apasih tawadzun itu??
Ini looooh......
Tawadzun ituuu keseimbangan.
Keseimbangan yang seperti apa? Nah, simak yuks (

Setiap kita yang disebut manusia ini punya tiga kenikmatan karunia yang luar biasa. Apa aja? Ada jasad/jasmani, ada ruhiyah/hati, dan ada fiqriah/akal pikiran. Nah, ketiganya ini harus berjalan bersamaan tanpa adanya tumpang tindih, yaaaa harus adil deh mudahnya. Jangan ada yang kelebihan dan jangan ada yang kekurangan. Kalau dalam ilmu fisika, ketiganya harus berada di titik keseimbangan. Contoh kasusnya..... Bayangin coba kalau kita mau naik bajaj yang rodanya tiga, tapi ada ban yang normal, kekencengan, dan satu lagi kekempesan. Bayangin deh rasanya. Ayo coba bayangin. Bayangin ya.... Bayangin.... muehehe.. teruuuus, Apa hasil dari bayangannya? Pasti ga enak kan? Yaiyadooong... jalannya bakal ga lurus ga mulus. Ga enak deh pokonya. Kalo ga percaya, cobain aja sendiri. Terus kabarin ke sini yaaa heheehew
Sebenernya tawadzun ini susah-susah gampang. Keliatannya mudah banget, tapi sebenernya yaaaaa begitulah. Apalagi buat para mahasiswa-mahasiswa yang aktif banget maupun yang sosoan aktif. Tawadzun ini bisa jadi dilema yang mendalam. Entar deh dijelasin dilemanya gimana. Tapi sebenernya kalo ga dijelasin juga pasti udah bakalan tau kalau udah baca penjelasan di bawah ini sebentar lagi.
Kalau dari penjabaran singkat mengenai kenikmatan yang kita punya sebagai manusia, kita juga harus bertanggung jawab atas ketiganya. Ga serta merta melupakan apa yang dibutuhkan dari tiga aspek nikmat Allah tadi. Pertama, jasad atau jasmani. Kita harus mensuplai energi ke jasmani kita agar tidak sakit/rusak. Dengan apa? Dengan makan-makanan yang bergizi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Kemudian untuk ruhiyah atau hati kita, kita perlu isi dengan iman dan agama. Caranya dengan tidak meninggalkan shalat, tilawah, dan dzikir mengingat Allah. Lalu yang terakhir adalah fiqriyah atau akal, nah untuk yang ini udah pasti kita penuhi dengan belajar, menuntut ilmu, membaca, dan ikut kajian/mentoring/liqo juga bisa jadi pelengkap pikiran kita.
Lalu permasalahannya ada dimana? Ada di diri kita masing-masing. Coba deh kita barengan muhasabah, kirakira part mana yang sering kita lalaikan. Lupa ngasih makan jasad, akal, apa hati kita? Jawabannya ada di diri kita masing-masing. Saya sendiri juga masih dalam proses mentawadzunkan diri. Karna saya mengerti sekali bahwa tawadzun ini tidak semudah teorinya. Cukup makan, cukup tidur, cukup olahraga, cukup ibadah, cukup belajar, cukup buat tugas, dan blabliblubleblo. Nyatanya?? (lumayan) Sulit. HA-HA-HA
Sebenernya, kenapa sih kita harus repot-repot tawadzun? Ya karena kita harus bertanggungjawab atas diri kita. Kasarnya ya jangan mau enaknya aja. Entar kalau engga dirawat juga kita yang bakalan rugi sendiri. Kalau kata orang banyakan sih, apa yang dituai itulah yang di panen. Nah, kalau udah begini jawabannya ada pada diri masing-masing. Nanti mau panen apa? Kalau gini sih pasti mau panen tiga-tiganya. Karena tiga-tiganya ini emang kita butuhin dan ga bisa terlepas dari diri kita sedikitpun.
Sebagai umat muslim, kita dituntut untuk tawadzun. Untuk bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Kenapa? Karna kalau ada satu sisi yang tidak ter-tawadzun-kan, itu bisa jadi celah buat kaum tetangga untuk melemahkan islam. ‘mosok orang islam penyakitan’, ‘ih mosok orang islam bodoh-bodoh’, ‘eh liat tuh orang islam hidupnya ga tenang, kaya ga punya Tuhan’. Ini nih kalau ga tawadzun di satu sisi doang. Gimana kalau ada dua sisi yang ga kita tawadzunin? “udah penyakitan, bodoh pula”, “udah bodoh, ga beriman lagi”, yaaa sejenis itu deh, Gamau kan? Lagian ini juga manfaatnya buat diri kita sendiri kok. Ga bakal ada ruginya. Masa iya kalau makan teratur, tidur teratur, ibadah lancar, pelajaran masuk semua kita rugi? Ga mungkin deh.
Kasus yang kebanyakan terjadi di kalangan mahasiswa berdasarkan penelitian tak seberapa ini ada beberapa macem.
Ibadahnya oke, nugasnya oke, tidurnya kurang, makannya sering lupa.
Ibadahnya kurang, nugasnya kurang, tidurnya lebih, makannya rutin.
Ibadahnya aman, tugasnya mayan, ga pernah tidur, makannya kalo inget.
Ibadahnya rajin, tugasnya beres, eh ga pernah olahraga.
Dan lainlain
Sebenernya sih yaaa, ga semua orang itu gada yang tawadzun. Ada sih satu diantara sekian yang semuanya beres. Sayangnya belum semuanya seperti itu, termasuk diri saya sendiri. Kebanyakan kita nih, kalau udah buat tugas semuanya lupa. Padahal hidup kita ga melulu soal tugas. Atau ada juga yang kerjanya ibadah terus sampe apa-apa ga dikerjain. Dan ada juga yang kerjanya makan tidur, tapi solatnya tinggal, kuliahnya juga bisa diitung pake jari.
Solusinya... mulai hari ini... setelah membaca tulisan ini... yuk samasama kita mentawadzunkan diri (termasuk diri saya sendiri). Perlahan tapi pasti. Mencoba menyayangi diri sendiri. Menjaga dan merawatnya agar tidak usang apalagi rusak. Karna di akhirat kelak, apa yang kita lakukan bakal dimintai pertanggungjawabannya. Jangan sampe entar mata kita protes karna ga dapet istirahat, lambung kita nuntut karna ga ernah diperhatiin dan lainlain sebagainya. Na’udzubilahi mindzalik.
Assif jiddan.. tulisan kali ini emang seremserem renyah. Tenang, sebelumnya ini juga udah nampar diri sendiri berulang kali. Hahahah semoga samasama bisa muhasabah, samasama bisa tawadzun. Barakallaahufiikum. Afwan minkum, wassalaamu’alaikum warahmatullaah

0 tanggapan:

Posting Komentar